Minggu, 09 Agustus 2015

Go-Jek

Gue gak terlalu tau sih hal apa yang lagi ngehits atau jadi trending topic di Indonesia akhir-akhir ini. Ini karena hampir satu bulan terakhir gue kagak nonton tv (berasa hidup di negeri antah berantah deh gue :( ). Kalo update info taunya dari internet khususnya twitter karena gue follow salah satu akun berita nasional. Yang menarik perhatian gue itu fenomena Go-jek, yang bukan hanya pelanggannya yang makin hari makin bertambah tapi juga antusiasme masyarakat untuk menjadi salah satu driver Go-jek yang membludak. Bermacam reaksi masyarakat dalam melihat fenomena ini. Ada yang pro dan kontra. Gue sih masuk ke kaum yang pro karena gue peri baik hati…hahahahahahahaha (aduh keselek).  

Oke kita bahas dulu kenapa banyak yang kontra dengan Go-jek. Pertama, operasi Go-jek yang tidak memiliki izin. Lah gubernur DKI, Pak Ahok aja santai nanggepin hal ini “Mau legal atau gak, Go-jek tetep diizinkan beroperasi. Lagipula tidak ada undang-undang yang membahas ojek”. Di samping itu Go-jek juga membuka puluhan lapangan pekerjaan untuk masyarakat. Bukannya dulu banyak yang nuntut Jokowi buat buka lapangan pekerjaan? Nih sekarang ada yang berinisiatif untuk menciptakan lapangan pekerjaan malah diprotes ki, piye??.

And the most trending topic of Go-jek bukan cuma masalah di atas, tapi juga masalah banyaknya sarjana yang apply jadi driver Go-jek. Banyak yang menganggap miring hal ini. Mereka berpendapat sarjana yang melamar jadi tukang ojek adalah sarjana yang gagal, miskin ide and bla bla bla bla. Iya sarjana gagal, uda sekolah tinggi-tinggi malah cuman jadi tukang ojek. Kenapa gak kerja kantoran? kenapa gak bikin usaha sendiri?. Iya stigma masyarakat kita yang sekali lagi mungkin agak salah. Banyak yang menganggap arti bekerja itu jika kerja kantoran, pake baju rapi, dan punya jadwal kerja pasti.

Kita harus mengacungkan jempol keinginan para sarjana untuk bekerja dari pada hanya menunggu pemberian uang dari orang tua, dimana itu berarti mereka bertanggung jawab terhadap diri mereka dan keluarga, toh kerjaan jadi ojek tidak haram dan lebih terhormat dari pada anak-anak orang kaya yang kerjaannya keliling kota pake mobil bagus tapi kerjaannya nodong duit orang tua, sementara orang tua mereka makan tidak enak tidur tak nyenyak mikirin kerjaan.

Di samping itu, banyak pula yang menjadikan pekerjaan ojek sebagai part time dalam mengisi kekosongan jadwal kuliah atau jadwal kerja. Di facebook beberapa bulan yang lalu juga sempat beredar tulisan tentang sopir taksi yang jago bahasa jerman dan ternyata beliau lulusan pascasarjana dari Jerman. Iya keseharian beliau kerja sebagai dosen di salah satu universitas di swasta, namun karena gaji yang tidak mencukupi dan kebutuhan hidup yang makin tinggi akhirnya beliau memutuskan untuk menjadi sopir taksi di sela kesibukan beliau jadi dosen (gue lupa nama beliau siapa, ntar deh gue ubek-ubek facebook lagi dan copast ceritanya diblog…ih copast…gue cantumin sumbernya dong…masa kuliah tinggi-tinggi kerjaannya plagiat :p).

Karena komentar kontra ini gue jadi tertarik untuk ngebahas tujuan dari pendidikan itu untuk apa?. Banyak yang berpendapat sekolah tinggi biar dapet kerjaan yang tinggi juga alias bonafit. Ya emang bener sih. Tapi kerjaan tinggi itu gak cuma elo dapetin hanya dengan berbekal IPK tinggi tapi juga kematangan emosi dan pikiran. That’s why kalo elo ngelamar kerja perusahaan ngetest elo dengan berbagai tes untuk mengukur sejauh mana kecocokan elo dengan perusahaan. Jadi tujuan pendidikan itu bukan hanya membentuk generasi yang intelek aja tapi juga generasi dengan kecerdasan emosi yang bagus juga. Jadi kalo kuliah itu jangan cuma kenal kantin, kampus ama kosan. Tapi juga ikut organisasi kampus buat ngelatih softskill kalian.

Apa gunanya sekolah tingi-tinggi kalo yang keluar dari mulut kalian kadang penghuni kebun binatang, ngomong gak ada sopan santunnya, gak peka terhadap sekitar. Orang kelaparan di benua Afrika aja dikasi bantuan, eh tetangga elo gak makan berhari-hari aja dicuekin. Plis deh semut di ujung lautan nampak tapi gajah di pelupuk mata tidak tampak (auk ah peribahasanya bener apa gak).

Oh ya gue keinget juga tentang fenomena banyaknya wanita berpendidikan tinggi memilih jadi ibu rumah tangga. Fenomena ini hamper mirip dengan para sarjana yang melamar jadi driver Go-jek, sekolah tinggi-tinggi tapi malah kerjaannya gak elit. Oh NOOO again. Justru kalian para suami harus berbangga kalo punya istri sebagai ibu rumah tangga berpendidikan tinggi. Why? Anak kalian diasuh oleh sarjana pintar jadi pasti akan menghasilkan anak yang pintar juga kan. Daripada anak kalian diasuh oleh hanya lulusan SD ntar diajarin gak jelas. Hih atuuut!!!. Tapi, gue gak bilang wanita yang bekerja itu gak bagus. Setiap orang pasti memiliki alasan, impian dan tujuan dalam tiap bagian kehidupannya. Jadi jangan hanya melihat cover lalu kalian me-judge sesuatu itu jelek. Pliss telaah dulu lah. Punya otak kan buat mikir?!!

Jadi apapun profesi seseorang sebenarnya membutuhkan pendidikan yang tinggi.  Petani pun sebenarnya membutuhkan skill dan pengetahuan yang tinggi. Tapi kemana sarjana pertanian kita? (duh mulai berat).

Jadi guys kurangin lah ngurusin atau ngomentarin hidup orang laen. Hidup lo sendiri belom tentu juga bener!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar