Rabu, 29 April 2015

Hijab

Gue nulis artikel tentang hijab bukan berarti gue uda menganggap diri sebagai muslimah yang sempurna. Gue juga masi proses menuju muslimah yang lebih baik. Namun memang ada stigma di sebagian masyarakat kalo elo mau berhijab, elo mending hijab-in hati elo dulu baru hijab-in kepala elo. Hellloo definisi hijab-in hati itu gimana??!! Kalau elo nunggu hati elo bersih ato suci dulu baru pake hijab, maka seumur hidup elo gak bakalan pake hijab.

Pernah suatu hari temen gue yang kesehariannya emang gak berhijab jadi punya keinginan iseng pake hijab, akhirnya ketika keluar makan sama gue, dia mutusin untuk pake hijab. And she was so amazing ketika pake hijab, di keliatan lebih anggun dan dewasa menurut gue. Dan ketika makan dia nanya tentang stigma hijab di kalangan masyarakat about hijab-in hati.

And answered it with a simple statement.: “Ketika lo pake hijab, hal ini bakal ngehalangin elo pergi ke tempat yang buruk”.
She said “Really?”
Me: “Emang lo pernah liat cewek berhijab maen ke diskotik? Ke tempat judi? Hijab itu bakal bikin mereka punya sedikit rasa malu buat kesitu. Iya kalo mereka mau ke tempat maksiat mereka lepas hijab dulu kayaknya”
She: (mulai berpikir)
Me: “And then kalau elo pake hijab elo bakal lebih ngejaga omongan elo, jalan kemana aja lebih aman. Kalo cewek jalan sendirian gak pake hijab trus ngelewatin segerombolan cowok iseng pasti digodain ato dicolek, tapi kalo berhijab mereka maksimal bilang “Assalamu’alaikum”. Yang artinya mereka ngedoain elo”.

Banyak juga pendapat yang bilang “uda pake hijab tetep aja akhlaknya jelek”. Akhlak atau kelakuan seseorang yang buruk berkaitan dengan kepribadian seseorang bukan hijab. Bandingkan akhlak orang ketika sebelum dan sesudah menggunakan hijab, setidaknya pasti ada perubahan akhlak kea rah yang lebih baik walaupun sedikit. Ingat guys, segala hal butuh proses (more time). Penemuan bohlam lampu saja melewati puluhan ribu kali kegagalan apalagi akhlak manusia. Nobody perfects in this life.

Gambar di bawah ini diambil dari Mbah Wiki yang menggambarkan populasi hijab di dunia.


That's mean bahwa penggunaan non hijab masih lebih dominan dibandingkan berhijab. Bahkan ada di beberapa negara yang secara tegas melarang penggunaan hijab. Jadi beruntunglah kita yang hidup di negara yang sebagian besar beragama muslim sehingga keinginan untuk berhijab tidak dipersulit oleh hukum.

Ada salah satu artikel menarik dari http://www.buzzfeed.com/aemunreza/xx-i-learnt-since-i-started-wearing-a-hijab-zdtt yang menjelaskan bahwa “When you put on a hijab, people may think you’re on some kind of “higher religious level”, but it’s important to remember that people who don’t wear hijabs can be just as religious as you. Islam isn’t about appearance; it’s a religion based on inner intentions”.  Hijab bukan tentang menjudge siapa yang lebih taat atau tidak, tapi ini tentang menjadi pemeluk agama yang baik, bukan kah kita diwajibkan untuk berpedoman pada Al-Qur’an dan hadist yang menganjurkan kita untuk menutup aurat dengan hijab. Jadi hijab adalah tentang suatu proses menjadi muslimah yang lebih baik.

Ada beberapa kehawatiran wanita di luar sana untuk berhijab, mereka khawatir jika sudah berhijab tidak akan fashionable, mengganggu aktivitas. That’s absolutely wrong. Banyak sekali contoh wanita hebat yang berhijab. 
Salah satu wanita berhijab yang menjadi perbincangan netizen yaitu Bripda Nina Oktaviana (profil doi pernah diangkat di NET TV di acara 86). Anggota Brimob Polda Aceh ini memiliki kemampuan beladiri dan menembak yang tidak bisa dipandang sebelah mata, sehingga Nina lolos screening pasukan organik perlawanan terorisme (wanteror). Jadi, jangan anggap peran perempuan (wanita berhijab) dalam korps kepolisian hanya sebagai pelengkap. Setidaknya, Nina Oktaviana telah mematahkan anggapan tersebut.


And than kalau takut gak pashionable, banyak artis berhijab yang tetap keliatan cantik and fashionable. Di internet juga uda banyak tutorial hijab modern apa lah namanya. Jadi gak ada alasan lagi buat kamu untuk takut berhijab.

So guys, janganlah kita menghalangi niat seseorang jika ingin berubah ke arah yang lebih baik, kasi support lah ke mereka. Karena hijab itu bukan hanya aksesoris atau fashion, tapi hijab merupakan pelindung bagi wanita. Melindungi dari hal buruk dunia luar ataupun keburukan pemakainya sendiri.


This is me and I'm proud wearing hijab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar